Apa Kentang Baik Untuk Diabetes?

Apa Kentang Baik Untuk Diabetes
Asal tahu saja, kentang dianggap tidak baik untuk kesehatan penderita diabetes, sebab mengandung karbohidrat tinggi. Mengutip dari Healthline, makanan yang kaya karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah. Setengah cangkir (75-80 gram) kentang mentah mengandung 11,8 gram karbohidrat.

Apakah penderita diabetes boleh makan kentang rebus?

1. Bebas Gluten – Bukan hal lumrah lagi bahwa kentang dikenal sebagai makanan bebas gluten, Kentang dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk menggantikan nasi sebagai makanan pokok karena kandungan karbohidrat di dalamnya tidak memiliki kadar gluten yang tinggi.

Apakah kentang boleh dikonsumsi penderita gula darah tinggi?

Kentang adalah salah satu sayuran paling populer yang dikonsumsi segala usia, di belahan dunia manapun. Di Amerika saja nih Diabestfriends, diperkirakan hampir 50 pon kentang dikonsumsi sepanjang tahun 2019, dengan kentang goreng menjadi menu yang paling umum.Bolehkan penderita diabetes makan kentang? Penderita diabetes bisa makan kentang sebagai pengganti nasi, tanpa takut menyebabkan lonjakan gula darah.

Penyakit apa yg tidak boleh makan kentang?

Kentang rebus untuk penderita asam lambung – Melansir BBC GoodFood, kentang rebus termasuk makanan yang boleh dikonsumsi penderita penyakit asam lambung. Sayuran ini bisa menjadi sumber karbohidrat dan serat, rendah kalori, dan bikin perut awet kenyang.

  1. Tak hanya itu, kentang rebus juga mengandung kalium, vitamin C, folat, vitamin B6, dan beberapa jenis antioksidan yang baik bagi kesehatan.
  2. Namun, penderita penyakit asam lambung yang memiliki kadar gula darah tinggi ada baiknya berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi kentang rebus.
  3. Dilansir dari Healthline, kentang termasuk sumber karbohidrat yang mengandung gula sederhana dan memiliki indeks glikemik tinggi.

Sehingga, penderita diabetes disarankan tidak terlalu sering mengonsumsi makanan ini. Tapi, mendinginkan kentang setelah kentang direbus dapat menurunkan kadar indeks glikemik kentang antara 25-26 persen. Baca juga: 4 Larangan Makanan untuk Penderita Asam Lambung

See also:  How To Treat Diabetes At Home?

Bolehkah makan nasi dengan kentang rebus?

Anda boleh makan nasi dengan kentang, tapi perhatikan hal ini – Apa Kentang Baik Untuk Diabetes Makanan yang sehat tidak hanya ditentukan dari jenisnya, tapi juga porsinya. Ketika makan, pastikan Anda mengonsumsi makanan pokok, sayuran, lauk pauk, dan buah yang bervariasi dengan porsi yang sesuai. Kementerian Kesehatan RI menyarankan untuk mengisi piring makan Anda dengan 150 gram karbohidrat, 150 gram sayuran, 150 gram buah, serta 125 gram sumber protein.

Bulir utuh dan produknya, seperti oat, roti gandum, quinoa, dan soba Umbi-umbian seperti ubi jalar dan akar bit Sayuran utuh Kacang dan biji-bijian

Makan nasi dengan kentang membantu mencukupi kebutuhan karbohidrat Anda, tapi sebaiknya jangan mengonsumsi keduanya secara bersamaan. Cukup jadikan kentang sebagai makanan pengganti ketika Anda sedang tidak ingin mengonsumsi nasi.

Apa efek samping dari kentang?

Memicu pertumbuhan sel kanker – Salah satu studi menyebutkan bahwa kentang atau makanan tinggi karbohidrat yang diproses dengan cara digoreng bisa memicu terbentuknya sebuah zat bernama akrilamida. Zat tersebut dicurigai bersifat karsinogenik, yaitu dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Adblock
detector