Apa Jenis Penyakit Diabetes?

Apa Jenis Penyakit Diabetes
Jenis Diabetes – Untuk bisa mendapatkan perawatan yang tepat, kita perlu mengetahui jenis diabetes yang diderita. Ada 3 jenis diabetes utama yang berkembang, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional,1. Diabetes tipe 1 Dilansir dari Healthline, diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun.

  • Pada kondisi ini, sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas, tempat insulin dibuat.
  • Hal tersebut kemudian menyebabkan tubuh gagal memproduksi insulin.
  • Orang dengan diabetes tipe 1 sangat bergantung pada insulin buatan.
  • Mereka harus mengonsumsi insulin buatan setiap hari untuk tetap bisa bertahan hidup.

Baca juga: 6 Tips Aman Mengonsumsi Jus untuk Penderita Diabetes 2. Diabetes tipe 2 Pada diabetes tipe 2, tubuh bisa memproduksi insulin. Hanya saja, sel-sel tubuh tidak merespons terhadap insulin tersebut. Akibatnya, glukosa menumpuk dalam darah. Diabetes tipe 2 lebih umum dibanding diabetes tipe 1.

  • Menurut he National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases AS, diabetes tipe 2 memiliki hubungan kuat dengan obesitas.3.
  • Diabetes Gestasional Diabetes gestasional terjadi pada perempuan hamil.
  • Etika hamil, beberapa orang menjadi kurang sensitif terhadap insulin.
  • Hal tersebut kemudian mengembangkan kondisi diabetes gestasional.

Namun, perlu diingat, diabetes gestasional tidak terjadi pada semua perempuan. Selain itu, kondisi ini biasanya sembuh setelah melahirkan.

Apakah diabetes termasuk jenis penyakit?

Diabetes adalah kondisi yang termasuk ke dalam kategori penyakit kronis berbahaya, terutama jika sudah terjadi komplikasi.

Apakah kopi berbahaya bagi penderita diabetes?

Batas aman minum kopi – Food and Drug Administration (FDA) menyarankan kita agar tidak mengonsumsi kafein lebih dari 400 miligram kafein – atau 4 hingga 5 cangkir kopi – per hari. Namun, penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi kepada dokter untuk menanyakan batasan aman dalam mengonsumsi kafein, Sebab, beberapa orang ada yang lebih sensitif terhadap kafein.

See also:  Artis Cilik Yang Meninggal Karena Diabetes?

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengonsumsi kopi tanpa kafein agar aman bagi penderita diabetes. Selain itu, menambahkan gula atau krimer ke dalam kopi juga bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa diabetes tipe 3?

Diabetes tipe 3 adalah penyakit yang diakibatkan oleh minimnya suplai atau pasokan insulin ke dalam otak. Hal ini menyebabkan terjadinya penyakit alzheimer atau pikun.

Apa itu diabetes basah dan kering?

Suara.com – Penyakit diabetes merupakan penyakit yang umum didengar oleh masyarakat Indonesia. Adapun istilah yang populer di masyarakat yakni diabetes kering dan basah, Meski demikian masih banyak orang yang belum mengetahui apa perbedaan diabetes kering dan basah,

  • Berikut ini ulasan seputar perbedaan diabetes kering dan basah yang wajib untuk diketahui.
  • Apa itu Diabetes Kering dan Diabetes Basah Istilah diabetes kering dan basah ini merujuk kepada kondisi luka yang dialami diabetes.
  • Diabetes kering diartikan dengan luka ringan yang kering dan memiliki tingkat kesembuhan cepat.

Sementara diabetes basah diartikan dengan luka yang terbuka disertai dengan nanah yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Baca Juga: Tak Cukup Hanya dengan Pengecekan Gula Darah Saja, Diabetes Juga Perlu Pemeriksaan Holistik Untuk Cegah Komplikasi Bagi diabetes kering, penderita masih dapat mengontrol kadar gula darah dan lukanya tidak sampai mengeluarkan nanah. Apa Jenis Penyakit Diabetes Ilustrasi penderita diabetes memeriksa gula darah. (Foto oleh PhotoMIX Company dari Pexels) 1. Diabetes Tipe 1 Diabetes tipe 1 memiliki gejala yang sama dengan penyakit diabetes pada umumnya. Namun diabetes tipe 1 disebabkan karena masalah autoimun yang membuat sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel penghasil insulin dalam pankreas.

Sel penghasil insulin ini memiliki fungsi untuk mengolah gula dalam darah menjadi energi.2. Diabetes Tipe 2 Baca Juga: Suti Karno Pasang 2 Ring Jantung Akibat Diabetes, Dua Penyakit Ini Ada Hubungannya? Diabetes tipe 2 ini terjadi ketika sel-sel dalam tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efisien.

Akibatnya, kadar glukosa yang tinggi menyebabkan terganggunya sistem perbaikan pembuluh darah. Pembuluh darah yang terluka dapat rusak dan gagal melakukan perbaikan. Faktor umum penyebab diabetes tipe 2 ini adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti obesitas.

See also:  Obat Diabetes Yang Boleh Digunakan Untuk Semua Tipe Diabetes Yaitu?

Apa bedanya diabetes dengan diabetes mellitus?

Halodoc, Jakarta – Diabetes melitus dan diabetes insipidus memiliki beberapa gejala yang sama. Namun, sebenarnya kedua penyakit ini tidak berhubungan. Kedua penyakit ini menyebabkan masalah yang berbeda dan perawatan yang sangat berbeda pula. Diabetes melitus dikenal sebagai diabetes, terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin untuk mengontrol jumlah glukosa dalam darah. Sedangkan diabetes insipidus adalah kondisi langka yang tidak berhubungan dengan pankreas dan gula darah. Diabetes insipidus terjadi ketika ginjal menghasilkan lebih banyak urine.

Adblock
detector