Yang Wajib Menjadi Pkp?

Yang wajib menjadi PKP (Pengusaha Kena Pajak) adalah Setiap Wajib Pajak sebagai Pengusaha yang melakukan penyerahan yang dikenai PPN berdasarkan UU PPN 1984, wajib melaporkan usahanya pada KPP yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan, dan/atau tempat kegiatan usaha untuk dikukuhkan menjadi PKP, kecuali pengusaha kecil yang batasannya ditetapkan oleh Menteri Keuangan.

Apa yang dimaksud dengan PKP sendiri?

Di mana PKP Sendiri ialah pengusaha yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) dan menyerahkan Jasa Kena Pajak (JKP) yang akan dikenakan pajak berdasarkan UU Pajak Pertambahan Nilai 1984.

Bagaimana cara pengukuhan menjadi PKP?

Pengusaha yang akan dikukuhkan menjadi PKP harus mengisi formulir pengukuhan, yang bisa diperoleh melalui laman DJP Online. Selanjutnya, formulir itu dikirim bersama lampiran dokumen lainnya ke KPP untuk pendaftaran. Pengiriman formulir ini bisa dilakukan dengan tiga cara, yakni datang langsung ke KPP, melalui pos atau menggunakan jasa kurir.

Apakah syarat menjadi PKP bisa dilalui oleh semua bentuk badan usaha?

Nah, mengacu pada pengertian yang termaktub dalam UU KUP ini, dapat ditegaskan bahwa syarat menjadi PKP bisa dilalui oleh berbagai bentuk badan usaha, tak terbatas pada PT saja.

Siapa saja yang wajib dikukuhkan sebagai PKP?

PKP adalah pengusaha yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak berdasarkan Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai. Jadi, tidak hanya penjual barang saja yang wajib dikukuhkan sebagai PKP, namun juga penjual jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector