Seorang Hakim Yang Mengadili?

Hakim sebagai posisi netral yang memiliki wewenang untuk mengadili, menasehati, memutuskan, dan mengatur keadilan di dalam proses pengadilan hukum. Hakim juga bertugas memberikan vonis terhadap Terdakwa dalam sebuah kasus berdasarkan pada hukum pemerintah atau petunjuk Undang-Undang.

Apa fungsi seorang hakim?

Fungsi terakhir yang dimiliki oleh seorang hakim adalah fungsi administratif. Dalam menjalankan tugasnya, hakim dan mahkamah agung bersama membawahi beberapa lembaga peradilan. Fungsi ini bertujuan agar hakim dan mahkamah agung dapat membuat peraturan yang bersifat administratif terhadap lembaga-lembaga tersebut.

Apa Tugas hakim?

Hakim memiliki tugas utama, yaitu menyelesaikan perselisihan hukum secara final dan terbuka, secara tidak langsung hakim menegaskan adanya supremasi hukum (yang memutuskan). Sebagai pejabat negara, beliau mempunyai wewenang kekuasaan yang signifikan dalam pemerintahan.

Apa Tugas Hakim Agung?

Hakim tersebut memiliki tugas yang hampir sama dengan hakim pada umumnya. Namun pada proses pengawasan, hakim agung memiliki tugas untuk memberikan petunjuk bagi para hakim yang ada di bawahnya dalam melaksanakan tugas peradilan. 3. Tugas Mengatur

Apa perbedaan antara hakim, pengacara dan jaksa?

Jaksa yang menuntut dan hakim yang memutuskan. Perbedaan antara hakim, pengacara dan jaksa yang utama adalah tugasnya di persidangan: jakda menuntut terdakwa, pengacara membela terdakwa sedangkan hakim melihat kedua posisi kedua pihak dan fakta di peradilan untuk kemudian memutuskan perkara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector