Penegak Hukum Yang Bertugas Menuntut Terdakwa Dalam Pengadilan Adalah?

Dalam arti luas proses penegakan hukum itu melibatkan semua subjek hukum dalam setiap hubungan hukum. Penegaka hukum yang bertugas menuntut terdakwa dalam pengadilan adalah. Ternyata putusan yang dijatuhkan pengadilan terhadapnya berupa pembebasan atau pelepasan dari segala tuntutan hukum.

Apa yang dimaksud dengan penegak hukum?

Penegak Hukum : Fungsi dan Wewenang Penegak hukum merupakan aprat yang akan melaksanakan proses untuk menegakkan atau agar norma hukum bisa berfungsi dengan nyata sebagai pedoman perilaku hubungan hukum di hidup bermasyarakat dan juga bernegara.

Apa fungsi dan wewenang penegak hukum?

Selain itu, penegak hukum juga bertugas untuk menjamin hukum bisa ditegakkan dan jika diperlukan, aparat penegak hukum juga diperbolehkan memakai daya paksa. Dari proses peradilan pidana, setiap aparatur penegak hukum mempunyai fungsi serta wewenang yang berbeda beda. Fungsi dan wewenang dari setiap aparat penegak hukum diantaranya adalah:

Mengapa Harus ada lembaga penegak hukum?

Di mana hukum dibuat dan disahkan oleh lembaga eksekutif dan legislatif, maka diperlukan pula lembaga yang memiliki kekuatan hukum sebagai penegak (Baca : Struktur Lembaga Negara Sebelum dan Sesudah Amandemen ). Diharapkan dari adanya lembaga penegak hukum ini akan tercapai keadilan hukum sehingga tidak tumpul ke atas dan tajam ke bawah.

Apakah Terdakwa yang dikenakan penahanan berhak menghubungi penasihat hukumnya?

Terdakwa yang dikenakan penahanan, berhak menghubungi penasihat hukumnya (Pasal 57 ayat 1 Undang-Undang RI No 8 Tahun 1981 Tentang Hukum Acara Pidana)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector