Melakukan Tindakan Main Hakim Sendiri Merupakan Tindakan Yang Melanggar Norma?

Perbuatan main hakim sendiri adalah perbuatan yang melanggar norma-norma agama dan merupakan pelanggran norma hukum.

Apa yang dimaksud dengan tindakan main hakim sendiri yang menjadi pelaku disin?

Dalam kasus tindakan main hakim sendiri yang menjadi pelaku disin ialah sekumpulan orang (massa) tidak semua massa itu harus dihukum qhisas tetapi para penegak hukum harus mencari siapa yang menyebabkan paling parah diantara sebanyak massa itu yang melakukan kejahatan sehingga menyebabkan korban meningal dunia.

Apa yang dimaksud dengan main hakim sendiri?

Main hakim sendiri ini merupakan tindakan melanggar hukum yang menyimpang dari nilai moral, selain itu main hakim sendiri juga melanggar sila ke-2 Pancasila yaitu ‘Kemanusiaan yang adil dan beradab’. Aksi main hakim sendiri tidak diatur secara khusus di dalam peraturan hukum pidana di Indonesia.

Mengapa main hakim sendiri dalam hukum Islam dalam pembunuhan dan penganiayaan?

Berdasarkan penjelasan diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa tindakan main hakim sendiri dalam hukum Islam dalam pembunuhan dan penganiayaan karena sama-sama mempunyai tujuan untuk mengakibatkan seseorang atau lebih mengalami luka-luka atau bahkan menghilangkan nyawa orang lain dengan cara melawan hukum. f2.

Mengapa tindakan main hakim sendiri termasuk melanggar hukum?

Main hakim sendiri tidak diperbolehkan secara moral dan hukum karena melanggar Hak Asasi Manusia. Dalam penjelasan Pasal 351 KUHP oleh R. Sugandhi, penganiayaan diartikan sebagai perbuatan dengan sengaja yang menimbulkan rasa tidak enak, rasa sakit atau luka.

Main hakim sendiri termasuk dalam kekerasan apa?

Main hakim sendiri (Eigenrichting) adalah tindakan kesewenang-wenangan individu atau sekelompok orang dengan melakukan kekerasan terhadap orang yang diduga melakukan tindak pidana tanpa melewati proses hukum.

See also:  Pt Premier Bandung Bergerak Dibidang Apa?

Apakah main hakim sendiri termasuk pelanggaran hak?

Berdasarkan Pasal 4 dan Pasal 33 Ayat (1) Undang – undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, dimana apabila kedua Pasal tersebut kita simpulkan bahwa perbuatan main hakim sendiri merupakan suatu tindakan yang bersifat melawan hukum dan melanggar hak asasi manusia.

Eigenrichting itu apa?

Perbuatan main hakim sendiri (eigenrichting) sebagai bentuk pengendalian sosial oleh masyarakat berupa mengadili secara bersama-sama terduga pelaku tindak pidana yang disebabkan oleh faktor hasutan, emosi, ketidakpercayaan terhadap penegak hukum, pembalasan untuk membuat jera dan ketidaksigapan penegak hukum yang

Tindakan main hakim sendiri pada dasarnya bertentangan dengan prinsip negara hukum terutama prinsip apa?

Dilansir dari Ensiklopedia, tindakan main hakim sendiri pada dasarnya bertentangan dengan prinsip negara hukum, terutama prinsip jaminan hak asasi manusia.

Apa hukumnya main hakim sendiri?

Main hakim sendiri juga bisa dikenakan pasal penganiayaan, sebagaimana diatur dalam pasal 351 KUHP. Pasal itu berbunyi: 1. Penganiayaan dihukum dengan hukuman penjara selama-lamanya dua tahun delapan bulan.

Main hakim sendiri melanggar pasal berapa?

Perbuatan main hakim sendiri secara eksplisit diatur di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana meliputi Pasal 351, 170, dan Pasal 406. Sedangkan perlindungan korban secara khusus diatur di dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006 Jo Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban.

Apa maksud dari ungkapan main hakim sendiri seperti apa contohnya?

Main hakim sendiri adalah istilah bagi tindakan untuk menghukum suatu pihak tanpa melewati proses yang sesuai hukum. Contoh dari tindakan main hakim sendiri adalah pemukulan terhadap pelaku kejahatan oleh masyarakat.

Pasal 406 KUHP tentang apa?

Sedangkan dalam Pasal 406 (I) ditetapkan bahwa: ‘Barang siapa dengan sengaja dan dengan meJawan hak membinasakan, merusak, membuat hingga tidak dapat di pakai lagi atau menghilangkan sesuatu barang yang sama sekali atau sebagiannya kepunyaan orang lain, dihukum penjara selama-lamanya 2 (dua) tahun 8 (delapan) bulan

See also:  Pt Miura Produksi Apa?

Pasal 170 KUHP tentang apa?

(1) Barangsiapa yang dimuka umum bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang, dihukum penjara selama-lamanya lima tahun enam bulan.

Pasal 351 KUHP tentang apa?

(1) Penganiayaan dihukum dengan hukuman penjara selama-lamanya dua tahun delapan bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp4.500. (2) Jika perbuatan itu menjadikan luka berat, sitersalah dihukum penjara selama-lamanya lima tahun.

Mengapa bisa terjadi eigenrichting?

Hasil: Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya Eigenrichting, baik dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internal diantaranya daya emosional, mental individu, pendidikan yang rendah dan kurangnya kesadaran hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector