Lembaga Negara Yang Bertugas Mengawasi Para Hakim Adalah?

Dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim, Komisi Yudisial mempunyai tugas: a. Melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap perilaku hakim; b.

Siapa yang mengangkat para hakim?

Pasal 24B ayat (1) UUD 1945 menyebut: “Komisi Yudisial bersifat mandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim”.

Apa tugas dan wewenang Komisi Yudikatif?

Melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap perilaku hakim. Menerima laporan dari masyarakat berkaitan dengan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim. Melakukan verifikasi, klarifikasi, dan investigasi terhadap laporan dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim secara tertutup.

Apa Tugas Komisi Yudisial?

Mukti menyinggung bahwa KY memiliki tugas untuk mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Kenapa lembaga KY dibentuk?

Tujuan Dibentuknya Komisi Yudisial: Mendapatkan calon Hakim Agung, Hakim Ad Hoc di MA dan hakim di seluruh badan peradilan sesuai kebutuhan dan standar kelayakan. Mengupayakan peningkatan kapasitas dan kesejahteraan hakim.

Siapa yang berhak mengangkat hakim jelaskan alasannya?

Berdasarkan Pasal 24B Ayat 1 UUD 1945, Komisi Yudisial merupakan lembaga negara bersifatmandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung danmempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan,keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Mahkamah Agung dipilih oleh siapa?

Hal ini berdasarkan UU No 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung RI sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI No 5 Tahun 2004, dan terakhir UU RI No 3 Tahun 2009 yang menetapkan bahwa Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Agung dipilih dari dan oleh Hakim Agung.

See also:  Apa Pengertian Al Hakim?

Apa tugas dan wewenang Komisi Yudisial brainly?

Menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim; Menetapkan Kode Etik dan/atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) bersama-sama dengan Mahkamah Agung; Menjaga dan menegakkan pelaksanaan Kode Etik dan/atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

Apa saja tugas Komisi Yudisial brainly?

Menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim. Menetapkan Kode Etik dan atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) bersama-sama dengan Mahkamah Agung. Menjaga dan menegakkan pelaksanaan KEPPH.

Apa fungsi lembaga KY brainly?

Jawaban. Fungsi Komisi Yudisial adalah: Menjadi perantara (mediator) atau penghubung antara kekuasaan pemerintah (Executive Power) dan kekuasaan kehakiman (Judicial Power).

Apakah tujuan pembentukan Komisi Yudisial brainly?

Jawaban. Tujuan dibentuknya Komisi YudisialRepublik Indonesia adalah : Mendukung terwujudnya kekuasaan kehakiman yang mandiri untuk menegakkan hukum dan keadilan. Meningkatkan integritas, kapasitas, dan profesionalitas hakim sesuai dengan kode etik dan pedoman perilaku hakim dalam menjalankan kewenangan dan tugasnya.

Kenapa MK dibentuk setelah amandemen?

Pembahasan. Kenapa setelah amendemen UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibentuk Mahkamah Konstitusi (MK)? Karena diperlukan suatu lembaga negara yang dapat mengimbangi kekuasaan dimiliki DPR dan Presiden dalam hal pembentukan Undang-Undang.

Mengapa Komisi Yudisial merupakan lembaga yang bersifat mandiri?

Lebih lanjut Aidul menjelaskan kemandirian yang dimaksud. Pertama, Anggota KY tidak dapat diberhentikan Presiden. Kedua, KY memiliki anggaran sendiri. Ketiga, KY dapat membuat peraturan. Keempat, saat KY bertandang ke DPR, maka KY mewakili diri sendiri bukan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector