Keputusan Hakim Yang Merupakan Sumber Hukum Yang Disebut?

Keputusan Hakim (yurisprudensi) juga termasuk sumber dalam arti tempat di mana Hukum Perdata yang dibentuk hakim dapat dibaca, sehingga sumber dalam arti tempat disebut sumber dalam arti materiil.
Yurisprudensi adalah keputusan-keputusan dari hakim terdahulu untuk menghadapi suatu perkara yang tidak diatur di dalam UU dan dijadikan sebagai pedoman bagi para hakim yang lain untuk menyelesaian suatu perkara yang sama.

Apa yang dimaksud dengan keputusan hakim?

Keputusan hakim atau disebut juga dengan jurisprudentie merupakan jenis hukum yang berasal dari putusan hakim atas suatu perkara di masa lalu. Bagi hakim lainnya, keputusan tersebut bisa dijadikan sumber untuk mengambil keputusan atas suatu perkara yang sama.

Apa yang dimaksud dengan sumber hukum?

Definisi lain menyebutkan bahwa pengertian sumber hukum adalah segala sesuatu yang bisa menciptakan aturan-aturan yang bersifat memaksa, sehingga pelanggarnya akan mendapatkan sanksi. Secara umum, ada dua macam sumber hukum yaitu sumber hukum material dan sumber hukum formal.

Apa yang dimaksud dengan sumber hukum formal?

Sumber Hukum Formal Selain itu juga ada sumber hukum formal. Sumber hukum formal merupakan hasil penerapan dari sumber hukum material. Penerapan ini dilaksanakan supaya seluruh objek hukum dapat menaatinya serta hukum dapat berjalan secara baik.

Apakah pendapata sarjana hukum bisa menjadi sumber hukum?

Pendapata sarjana hukum atau disebut doktrin juga bisa menjadi sumber hukum. Sumber hukum ini berupa pendapat dari para ahli dan pakar, khususnya ahli hukum, yang kemudian dijadikan pedoman terhadap asas-asas penting dalam hukum beserta penerapannya. Pasal UUP jo.

Apa contoh dari yurisprudensi?

Contoh yurisprudensi lain yang terkenal adalah pencurian listrik. Meskipun bendanya tidak terlihat, pencurian arus listrik bisa dikualifikasi sebagai pencurian. Di Indonesia, selama puluhan tahun, Mahkamah Agung menjaga tradisi menghimpun putusan-putusan yang dianggap sebagai yurisprudensi.

See also:  Pihak-Pihak Yang Termasuk Pengusaha Kena Pajak Adalah?

Dari mana saja sumber hukum?

Sumber Hukum Formal

  • 1. Undang-undang. Undang-undang/Perundang-undangan adalah Peraturan Perundang-undangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan persetujuan Presiden.
  • Kebiasaan.
  • 3. Traktat.
  • 4. Yurisprudensi.
  • Doktrin.
  • Apakah sebabnya seorang hakim mengikuti putusan hakim yang lain?

    sebab seorang hakim mengikuti putusan hakim yang lain: 1. Sebab Psikologis: Seorang hakim mengikuti putusan hakim lain yang kedudukannya lebih tinggi-Pengadilan Tinggi atau mahkamah Agung-karena hakim yang putusannya dituruti tersebut adalah pengawas pekerjaannya.

    Dalam memutuskan suatu perkara apakah hakim boleh menggunakan hukum tidak tertuli?

    Hakim boleh menjadikan hukum tidak tertulis sebagai dasar untuk mengadili. Hukum tidak tertulis yang dimaksud adalah kebiasan atau tradisi sebagai sumber hukum yang tertua.

    Apa yang dimaksud dengan yurisprudensi dan apa contohnya *?

    Pengertian Yurisprudensi Tidak Tetap ialah suatu putusan dari hakim terdahulu yang tidak dijadikan sebagai dasar bagi pengadilan. Pengertian Yurisprudensi Semi Yuridis yaitu semua penetapan pengadilan yang didasarkan pada permohonan seseorang yang berlaku khusus hanya pada pemohon. Contohnya : Penetapan status anak.

    Berapa macam yurisprudensi?

    Jenis-Jenis Yurisprudensi

    1. Yurisprudensi Tetap. Yurisprudensi tetap adalah keputusan dari hakim yang terjadi karena rangkaian putusan yang sama dan dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pengadilan.
    2. 2. Yurisprudensi Tidak Tetap.
    3. 3. Yurisprudensi Semi Yuridis.
    4. 4. Yurisprudensi Administratif.

    Apa yang menjadi sumber hukum di Indonesia?

    Undang-undang dasar 1945 merupakan segala induk dari peraturan perundang-undangan di Indonesia dan merupakan hukum tertinggi di Indonesia dan segala peraturan perundang-undangan yang dibuat,tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945.

    Apa yang dimaksud sumber sumber hukum?

    Pengertian Sumber Hukum

    Dalam buku Pengantar Ilmu Hukum oleh Tami Rusli, secara umum sumber hukum adalah segala sesuatu yang telah menimbulkan aturan-aturan yang mempunyai kekuatan yang bersifat memaksa, artinya jika dilanggar akan mengakibatkan sanksi tegas dan nyata.

    See also:  Tokoh Pengusaha Yang Menginspirasi?

    Bagaimana sumber hukum Indonesia berasal?

    Sumber hukum utamanya adalah undang-undang yang dibentuk oleh badan legislatif. Pada mulanya hukum hanya digolongkan menjadi dua, yaitu hukum publik (hukum tata negara, hukum administrasi negara, hukum pidana) dan hukum privat (hukum perdata dan hukum dagang).

    Mengapa sering terjadi disparitas putusan hakim di Indonesia atas perkara yang sama baik dalam perkara perdata maupun pidana?

    Disparitas terjadi karena pertimbangan yuridis dan pertimbangan non yuridis berbeda pada kedua perkara tersebut.

    Faktor apa yang paling mempengaruhi seorang hakim dalam memutuskan suatu perkara jelaskan?

    Paling besar pengaruhnya bagi hakim dalam memutuskan suatu perkara adalah, opini publik. Para hakim akan sangat memperhatikan pendapat masyarakat terhadap kasus yang ditanganinya.

    Apakah hakim dapat memutuskan suatu perkara jika minimnya alat bukti jelaskan?

    Pasal 183 KUHAP menetapkan, —Hakim tidak boleh menjatuhkan pidana kepada seorang, kecuali apabila dengan sekurang-kurangnya dua alat bukti yang sah ia memperoleh keyakinan bahwa suatu tindak pidana benar-benar terjadi dan bahwa terdakwalah yang bersalah melakukannya“.

    Bagaimana hukumnya jika hakim salah memutuskan perkara?

    Hakim yang salah memutus perkara dapat dikenakan sanksi administrasi atau pidana.

    Bolehkah hakim menolak suatu perkara yang diajukan kepadanya dengan alasan tidak ada hukum yang mengatur perkara tersebut mengapa?

    ‘Hakim tidak boleh menolak perkara dengan alasan hukumnya tidak ada atau tidak jelas,’ ujarnya di Jakarta, Selasa (4/6/2019). ‘Hakim harus memutus perkara yang dilajukan kepadanya. Siapapun tidak boleh mempengaruhi atau intervensi hakim dalam mengadili perkara. Ini perintah Undang-Undang,’ sambungnya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector