Jelaskan Yang Termasuk Penghasilan Kena Pajak?

Penghasilan Kena pajak Penghasilan Kena Pajak adalah pendapatan yang menjadi dasar perhitungan tarif pajak. Adapun tarif Penghasilan Kena Pajak diatur dalam Pasal 17 UU No.36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.

Bagaimana cara menghitung penghasilan kena pajak?

Penghasilan kena pajak didapat dengan menghitung penghasilan bruto dikurangi dengan biaya untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan. Apabila dalam menghitung penghasilan kena pajak, ada kerugian maka kerugian tersebut dikompensasikan mulai dengan penghasilan tahun pajak berikutnya sampai dengan lima tahun berturut-turut.

Berapa persen penghasilan kena pajak?

(Penghasilan Kena Pajak = Penghasilan neto – PTKP). Baca pengertian pegawai tidak tetap di sini Bagi bukan pegawai seperti tercantum dalam Peraturan Direktorat Jenderal Pajak No. PER-32/PJ/2015 Pasal 3 huruf c, penghasilan kena pajak yang dikenakan sebesar 50% (lima puluh persen) dari jumlah penghasilan bruto dikurangi PTKP per bulan.

Apa saja jenis pajak yang dilakukan oleh penerima penghasilan?

Ada jenis pajak yang penghitungan dan penyetorannya dilakukan oleh kita sendiri (sebagai penerima penghasilan), misalnya PPh Tahunan. Di sisi lain ada juga jenis pajak yang penghitungan dan penyetorannya dilakukan justru oleh pihak yang memberikan penghasilan, pihak penerima penghasilan memperoleh jumlah penghasilan yang sudah dipotongkan pajaknya.

Apa itu tarif penghasilan kena pajak pasal 17?

Tarif penghasilan kena pajak pasal 17 dapat dibedakan menjadi dua yaitu, tarif pasal 17 yang dikenakan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi dan tarif pasal 17 yang dikenakan kepada WP Badan dalam negeri atau Bentuk Usaha Tetap (BUT). Kedua tarif tersebut tentu tidaklah sama. 1. Tarif Pasal 17 yang Dikenakan Kepada Wajib Pajak Orang Pribadi

Apa saja yang termasuk penghasilan kena pajak?

Sedangkan penghasilan yang dapat dikenakan pajak penghasilan bersifat final adalah: Penghasilan berupa bunga deposito dan tabungan lainnya, bunga obligasi dan surat utang negara, dan bunga simpanan yang dibayarkan oleh koperasi kepada anggota koperasi orang pribadi. Penghasilan berupa hadiah undian.

See also:  Jasa Yang Tidak Terutang Ppn?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan penghasilan kena pajak?

Penghasilan kena pajak adalah penghasilan Wajib Pajak yang menjadi dasar untuk menghitung pajak penghasilan.

Apa yang dimaksud dengan penghasilan kena pajak dan penghasilan tidak kena pajak?

PTKP adalah besarnya penghasilan yang menjadi batasan tidak kena pajak bagi wajib pajak orang pribadi, ini berarti apabila penghasilan neto wajib pajak orang pribadi yang menjalankan usaha dan/atau pekerjaan bebas jumlahnya dibawah PTKP tidak akan dikenakan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 25/29 dan apabila berstatus

Jelaskan apa yang dimaksud dengan penghasilan kena pajak dan bagaimana ketentuannya?

Penghasilan kena pajak (pkp) adalah penghasilan yang dijadikan dasar untuk menghitung Pajak Penghasilan (PPh). Hal tersebut diatur dalam UU Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pajak dan berikan contohnya?

Merupakan pungutan wajib yang diberlakukan oleh pemerintah daerah setempat kepada rakyat daerah tersebut. Contohnya pajak hotel, restoran, hiburan, kendaraan bermotor, PBB pedesaan dan perkotaan, BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan), dan lain-lain.

Pendapatan apa saja yang tidak kena pajak?

Menurut Peraturan Menteri Keuangan nomor 245/PMK. 03/2008, harta hibah, bantuan, atau sumbangan yang dikecualikan sebagai objek Pajak Penghasilan yaitu harta hibah, bantuan, atau sumbangan yang diterima oleh : keluarga sedarah dalam garis keturunan lurus satu derajat, yaitu adalah orang tua dan anak kandung.

Bagaimana dasar perhitungan penghasilan kena pajak?

Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi dengan pembukuan, sesuai yang tertulis dalam Pasal 2A ayat (6)UU PPh, ada tiga cara perhitungan untuk mendapatkan hasil PKP, yaitu: PKP = penghasilan neto – PTKP. PKP = penghasilan neto – zakat – PTKP. PKP = penghasilan neto – zakat – kompensasi rugi – PTKP.

See also:  Bumn Yaitu Sebuah Perusahaan Yang Seluruh Atau Sebagian Modalnya Dimiliki?

Pendapatan apa saja yang tidak kena pajak?

Menurut Peraturan Menteri Keuangan nomor 245/PMK. 03/2008, harta hibah, bantuan, atau sumbangan yang dikecualikan sebagai objek Pajak Penghasilan yaitu harta hibah, bantuan, atau sumbangan yang diterima oleh : keluarga sedarah dalam garis keturunan lurus satu derajat, yaitu adalah orang tua dan anak kandung.

Apa saja penghasilan yang bukan objek pajak?

Penghasilan yang Tidak Termasuk Objek Pajak

  • Bantuan atau Sumbangan dan Harta Hibahan.
  • Warisan.
  • Bagian Laba Yang Diterima atau Diperoleh Anggota dari Perseroan Komanditer yang Modalnya Tidak Terbagi atas Saham-Saham, Persekutuan, Perkumpulan, Firma, dan Kongsi, Termasuk Pemegang Unit Penyertaan Kontrak Investasi Kolektif.
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector