Bagaimana Perlakuan Ppn Atas Jasa Katering?

Jasa boga atau katering merupakan jenis jasa yang tidak dikenai Pajak Pertambahan Nilai. Dengan demikian, makanan dan/atau minuman yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari penyerahan jasa boga atau katering sebagaimana dimaksud di atas merupakan jenis barang yang tidak dikenai Pajak Pertambahan Nilai.

Catering pakai pajak apa?

Jasa katering merupakan jenis jasa yang termasuk ke dalam objek PPh Pasal 23. Pengenaan tarif atas jasa tersebut sebesar 2% dari jumlah bruto jika Wajib Pajak yang telah dipotong memiliki NPWP. Sementara bagi Wajib Pajak yang tidak memiliki NPWP akan dikenakan tarif 100% lebih tinggi.

Apakah makanan kena PPN?

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah menetapkan makanan dan minuman sebagai jenis barang yang tidak dikenakan pajak pertambahan nilai (PPN) melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 70/PMK.

Apa yang dimaksud dengan jasa catering?

Jasa catering adalah jasa penyediaan makanan dan minuman yang dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan, dan penyajian, untuk disajikan di lokasi yang diinginkan oleh pemesan baik yang disajikan dengan atau tanpa peralatan dan petugasnya (Pasal 1 ayat (2) PMK-18/PMK.10/2015).

Catering termasuk perusahaan apa?

Menurut peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1096/Menkes/PER/VI/2011 mendefinisikan industri jasa boga atau katering adalah perusahaan perorangan yang melakukan kegiatan pengelolaan makanan yang disajikan di luar tempat usaha atau berdasarkan pesanan.

Apakah PPh 23 termasuk pajak daerah?

PPh 23 masuk kategori pajak pusat.

Berapa persen pajak PPh 21?

Tarif Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21

Wajib Pajak dengan penghasilan tahunan di atas Rp50.000.000,- sampai dengan Rp250.000.000,- adalah 15%. Wajib Pajak dengan penghasilan tahunan di atas Rp250.000.000,- sampai dengan Rp500.000.000,- adalah 25%.

See also:  Sekutu Yang Hanya Menanamkan Modal Tanpa Ikut Mengelola Cv Disebut?

Berapa PPN rumah makan?

Dalam Pasal 4A ayat (2) dan (3) UU HPP dijelaskan makanan dan minuman yang disajikan di hotel, restoran, rumah makan, warung, dan sejenisnya, baik yang dikonsumsi di tempat maupun tidak yang merupakan objek pajak daerah dan retribusi daerah dikenakan pajak 11 persen.

Apakah rumah makan dikenakan pajak?

Pajak restoran dipungut pajak atas pelayanan yang disediakan oleh restoran, rumah makan, kafetaria, kantin, warung, dan semacamnya termasuk jasa boga atau katering. Umumnya, tarif pajak restoran ditetapkan sebesar 10%.

Apakah pajak restoran Naik 11%?

Tak Perlu Khawatir, Sembako dan Makan di Restoran Tak Kena PPN 11% Terhitung mulai hari ini secara resmi tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) naik menjadi 11%. Keputusan dari kenaikan tarif PPN ini diklaim telah dipertimbangkan secara matang.

Apa yang dimaksud dengan PB1?

Subjek Pajak Restoran artinya subjek yang dikenakan atau dipungut PB1, yaitu pembeli dari layanan yang disediakan oleh restoran tersebut. Jadi, PB1 ini sebetulnya tidak dibebankan kepada pemilik resto, akan tetapi dikenakan pada pembeli atau konsumennya.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan PPh Pasal 23?

PPh Pasal 23 merupakan pajak yang dikenakan pada penghasilan atas modal, penyerahan jasa, atau hadiah dan penghargaan, selain yang telah dipotong PPh Pasal 21. Pihak yang memotong dan melaporkan PPh Pasal 23 kepada kantor pajak merupakan pihak pemberi penghasilan (pembeli atau penerima jasa).

Apa itu jumlah bruto?

Jumlah bruto adalah seluruh jumlah penghasilan yang disediakan untuk dibayarkan atau telah jatuh tempo dengan pemotong pajak seperti badan pemerintahan, penyelenggara kegiatan, subjek pajak dalam negeri, BUT (Bentuk Usaha Tetap, perwakilan usaha luar negeri dan OP (Orang Pribadi) yang ditunjuk oleh DJP (Direktorat

See also:  Yang Termasuk Kedalam Perusahaan Bumn Badan Usaha Milik Negara Diantaranya?

Apakah catering termasuk perusahaan jasa?

Jasa boga (Katering) termasuk dalam Industri Commercial Catering yaitu maksud dan tujuan dari perusahaannya adalah untuk mendapatkan profit melalui jasa layanan katering yang bertujuan memuaskan kebutuhan konsumen melalui produk (jasa) yang disediakan.

Apa saja yg termasuk klasifikasi catering?

Apa Saja Klasifikasi Katering Acara yang Banyak digunakan?

  • Catering Prasmanan.
  • Catering Dine In.
  • Catering Self Service.
  • Private Catering.
  • Catering Nasi Kotak ataupun Catering Rumahan.
  • Acara Kerja.
  • Acara Pernikahan / Wedding Party.
  • Acara Pribadi.
  • Apa perbedaan restoran dengan catering?

    Persamaan dan perbedaan restoran dengan katering yaitu: katering dimasak di dapur pengusaha mana saja dan hasil masak disediakan (dimakan) sesuai pesanan. restoran dimasak di mana saja tetapi harus dimakan di tempat restoran.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.