Apa Itu Kepaniteraan Pengadilan Agama?

Sedangkan kedudukan kepaniteraan Peradilan Agama yaitu sebagai unsure pembantu pimpinan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Pengadilan. Kedudukan kepaniteraan sebagai unsure pembantu pimpinan berarti segala tindakan atau aktivitas Panitera sebagai pimpinan organisasi harus dipertanggungjawabkan kepada Ketua Pengadilan.

Apa itu urgensi Kepaniteraan di Pengadilan Agama Metro?

Simpulan Urgensi Kepaniteraan di Pengadilan Agama Metro Kelas IB memiliki peran yang begitu penting dalam penyelenggaraan administrasi Pengadilan yaitu administrai perkara dan administrasi umum. Administrasi perkara ialah tanggung jawab Panitera dan administrasi umum tanggung jawab Sekretaris.

Bagaimana cara mengajukan perceraian Muslim di Pengadilan Agama?

Cara mengajukan perceraian muslim di pengadilan agama selanjutnya adalah dengan mendatangi pengadilan agama tersebut. Kedatangan Anda ke pengadilan ini dengan membawa serta surat gugatan cerai.

Apa itu lembaga Kepaniteraan?

Dalam sistem pengadilan mana pun di dunia, keberadaan lembaga kepaniteraan merupakan hal yang mutlak diperlukan sebagai unsur pendukung jalannya pengadilan. Dalam setiap susunan pengadilan, seorang ketua pengadilan selalu didampingi oleh seorang panitera pengadilan.

Apa itu panitera di pengadilan Agama?

Panitera adalah seseorang yang membantu hakim dalam memeriksa, mengadili dan memutus perkara. Dalam menjalankan tugasnya, panitera dibantu wakil panitera, panitera muda dan panitera pengganti pengadilan. Tugas dan perilakunya dipertanggungjawabkan langsung kepada Ketua Pengadilan.

Apa tugas dan wewenang panitera dalam Peradilan Agama?

Tugas Pokok dan Fungsi Panitera Muda Gugatan:

Membantu hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan pengadilan agama. Memberi nomor register pada setiap perkara gugatan yang diterima di Kepaniteraan. Mencatat setiap perkara gugatan yang diterima kedalam buku daftar disertai catatan singkat tentang isinya.

Apa tugas dari seorang panitera?

Membantu Hakim dalam persidangan perkara perdata dan pidana, dan mencatat jalannya persidangan, membuat berita acara, mengetik konsep putusan dan menandatangani berita acara dan putusan.

See also:  Dermawan Salihin Pengusaha Apa?

Apa itu panitera Muda Hukum?

Panitera Muda Hukum mempunyai tugas-tugas : Mengumpulkan data, mengelola dan mengkaji data, menyajikan pada statistik perkara, menyusun laporan perkara, menyiapkan arsip / berkas perkara / permohonan grasi dan tugas lainnya yang diberikan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Panitera Pengganti termasuk jabatan apa?

Panitera, Panitera Muda, Panitera Pengganti Tingkat I, dan Panitera Pengganti Tingkat II sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan jabatan fungsional kepaniteraan non angka kredit.

Apa tugas dan wewenang dari pengadilan agama?

Pengadilan Agama, yang merupakan Pengadilan Tingkat Pertama bertugas dan berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara-perkara ditingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam dibidang perkawinan, kewarisan, wasiat dan hibah yang dilakukan berdasarkan hukum Islam, serta wakaf dan shadaqah, sebagaimana

Apa tugas panitera brainly?

Jawaban. 1) Melaksanakan kegiatan kepaniteraan pengadilan setempat dengan mengatur tugas wakil panitera, panitera muda, danpanitera pengganti. 2) Menerima berkas-berkas perkara yang masuk kepengadilan dan memberinya nomor registerasi perkara serta membubuhkan catatan singkat tentang isi perkara yang bersangkutan.

Apa saja tugas dan kewenangan dari Peradilan Agama?

Pasal 49 s/d 53 UU No. 7 Tahun 1989: “Pengadilan Agama bertugas dan berwenang memeriksa, memutuskan dan menyelesaikan perkara-perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang perkawinan, kewarisan, wasiat dan hibah yang dilakukan berdasarkan hukum Islam serta wakaf dan sadakah.

Apakah tugas panitera Pengganti?

Panitera pengganti merupakan organ kelengkapan majelis hakim yang tugas utamanya membantu Majelis Hakim Agung dalam pencatatan jalannya persidangan. Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung diangkat dari hakim pengadilan tingkat pertama yang sudah memiliki masa kerja sebagai hakim minimal 10 (sepuluh) tahun.

Panitera Muda ada berapa?

Mahkamah Agung memiliki 7 (tujuh) Panitera Muda Perkara yaitu : Panitera Muda Perdata, Panitera Muda Perdata Khusus, Panitera Muda Pidana, Panitera Muda Pidana Khusus, Panitera Muda Perdata Agama, Panitera Muda Tata Usaha Negara, dan Panitera Muda Militer.

See also:  Seorang Nabi Yang Pernah Menjadi Murid Luqman Al Hakim Adalah?

Apa perbedaan panitera dan panitera pengganti?

Secara struktural Panitera adalah sebagai pembantu pimpinan, dengan demikian segala pertanggungjawab tugasnya juga kepada Pimpinan Pengadilan. Sedangkan Panitera Pengganti adalah jabatan fungsional di lingkungan peradilan.

Apa tugas dari Jurusita?

Tugas Pokok dan Fungsi Jurusita antara lain:

Melaksanakan semua perintah yang diberikan oleh Ketua Pengadilan, Ketua Majelis dan Panitera atau Panitera Pengganti. Membantu Majelis Hakim dalam upaya mewujudkan proses pemeriksaan dan mengadili secara seksama, cepat dan biaya ringan sesuai hukum acara.

Apa itu Jurusita Pengganti?

Jurusita Pengganti adalah pegawai umum yang sengaja diangkat untuk melaksanakan tugas kejurusitaan. Jurusita adalah salah satu pejabat yang bertugas di pengadilan, selain hakim, panitera, dan sekretaris pengadilan.

Apakah panitera juga dapat memengaruhi putusan yang telah ditetapkan oleh hakim?

Panitera memiliki akses yang luas, bahkan menghadiri Rapat Permusyawaratan Hakim yang bersifat rahasia. Tetapi panitera tidak bisa mempengaruhi putusan hakim. Dalam memutus perkara, hakim bersifat mandiri, tak boleh terpengaruh oleh panitera sekalipun.

Apa yang dimaksud dengan hakim ad hoc?

Sedangkan hakim ad hoc adalah hakim yang bersifat sementara yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang tertentu untuk memeriksa, mengadili, dan memutus suatu perkara yang pengangkatannya diatur dalam undang-undang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector