Prosedur Pendirian PT


Badan usaha Perseroan Terbatas atau PT merupakan badan usaha yang paling banyak digunakan oleh para pengusaha di Indonesia. Sebab Karakteristik PT yang sesuai untuk pengusaha yang menjadikan profit untuk tujuan utama bisnisnya. Hal tersebut merupakan alasan mengapa banyak pengusaha menggunakan PT untuk menjalankan bisnisnya. 

 

Prosedur Pendirian PT 

 

Untuk mendirikan PT ada beberapa data yang wajib Anda persiapkan. Adapun hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

 

- Mempersiapkan Nama PT 

Mempersiapkan Nama PT menjadi langkah pertama yang harus Anda persiapkan, Nama PT yang diajukan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

 

1. Nama perseroan harus ditulis menggunakan huruf latin.

   Contoh: PT Maju Bersamna

 

2. Nama perseroan yang diajukan belum pernah digunakan secara sah oleh Perseroan lain atau tidak sama dengan Nama Perseroan lain

 

3. Nama Perseroan yang diajukan tidak bertentangan dengan ketertiban umum dan/atau kesusilaan

 

4. Nama perseroan yang diajukan tidak sama atau tidak mirip dengan nama lembaga negara, lembaga pemerintah, atau lembaga internasional, kecuali mendapatkan izin dari lembaga yang bersangkutan

 

5. Nama perseroan yang diajukan tidak terdiri atas angka atau rangkaian angka, huruf atau rangkaian huruf yang tidak membentuk kata. 

   Contoh: PT 23123 atau PT ABCG.

   

6. Nama Perseroan yang diajukan tidak mempunyai arti sebagai perseroan, badan hukum, atau persekutuan perdata

   Contoh: PT. Sejahtera atau PT. CV Abadi

 

- Tempat serta Kedudukan PT 

 

Tempat serta kedudukan PT atau  Alamat PT wajib dicantumkan ketika mendirikan PT. Alamat PT wajib sama dengan tempat serta kedudukan PT beroperasi.  

 

Bagi Anda ingin mendirikan PT, tetapi belum memiliki alamat PT Anda dapat menggunakan Virtual Office. Dengan catatan kegiatan usaha PT Anda bukan termasuk kegiatan yang dilarang menggunakan Virtual Office. 

 

Selain itu yang harus diperhatikan yaitu di daerah tertentu, seperti Jakarta untuk melakukan kegiatan usaha harus sesuai dengan zonasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

 

- Maksud serta Tujuan PT

 

Dimana maksud dan tujuan PT harus selaras dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia terbaru. Sehingga dalam hal berjalannya waktu Jika PT akan mengembangkan model bisnisnya tidak mengalami kesulitan. 

 

- Pengurus PT Pengurus 

 

PT yang dimaksud yaitu Direksi serta Dewan Komisaris. Direksi merupakan pihak yang menjalankan kegiatan Perseroan sehari-hari. Sedangkan Dewan Komisaris merupakan pihak yang mengawasi setiap kegiatan dan memberi nasihat kepada Direksi.

 

 

Demikian Penjelasan kami mengenai Prosedur Pendirian PT. Jika anda membutuhkan Jasa Pendirian PT, Kami Gapura Office Hadir sebagai solusi untuk memudahkan anda mengurus pendirian PT anda, Segera hubungi kami untuk memesan layanan tersebut melalui 0811921788.

Share this post