Pentingnya Izin Klinik atau Izin Apotik


Usaha yang menyangkut tentang kesehatan seperti halnya obat-obatan saat ini banyak dilirik oleh masyarakat. Apalagi situasi pandemi seperti saat ini yang mengharuskan semua orang untuk menjaga kesehatan.

Namun untuk membuka usaha yang menyangkut tentang kesehatan seperti apotik ataupun klinik juga harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya seperti permohonan izin klinik atau izin apotik.

Izin sangatlah penting bagi dunia usaha, termasuk dalam bidang kesehatan. Adapun izin usaha ini biasanya digunakan oleh para pengusaha sebagai tanda bahwa usaha yang didirikan telah layak beroperasi. Untuk memahami mengenai izin klinik atau izin apotik, mari simak penjelasan di bawah ini!

Fungsi Izin Usaha Dari Izin Klinik dan Izin Apotik

Di sini, fungsi perizinan sebuah usaha adalah untuk membina, mengarahkan, mengawasi juga menertibkan kegiatan-kegiatan dalam usaha, seperti menjaga kualitas produk adalah kewajiban yang telah dimasukkan ke dalam prosedur perizinan, baik dalam proses pengajuan permohonan sampai dengan saat pelaku usaha telah mendapatkan izin usaha.

Izin usaha berbeda-beda tergantung pada jenis bidang usaha apa yang dilakukan oleh pengusaha tersebut. Berikut ini adalah beragam dokumen yang perlu dilengkapi untuk memenuhi izin usaha ketika mendirikan sebuah usaha, baik itu dalam bentuk CV, Firma, atau PT, yang dalam hal ini berguna sebagai legalitas sebuah usaha. Beberapa jenis dokumen izin usaha seperti:

 

Jenis Dokumen Izin Usaha
Nomor Induk Berusaha (NIB)
Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Izin Usaha Dagang (UD)
Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
Surat Izin Prinsip
Surat Izin Usaha Industri (SIUI)
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK)
HO (Surat izin gangguan)
Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
Izin BPOM, Sertifikat Laik Fungsi (SLF)
Izin Lingkungan, Izin Lokasi
Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)

 

Izin Klinik dan Izin Apotik

Untuk membangun usaha klinik atau apotik, Anda memerlukan izin klinik atau izin apotik. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 28 Tahun 2011, untuk mendirikan klinik atau apotik dan menyelenggarakannya, Anda harus mempunyai izin dan melampirkan Dokumen Upaya Pengolahan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL).

Hal ini dikarenakan klinik merupakan salah satu jenis usaha atau kegiatan yang spesifik dan mempunyai dampak yang besar terhadap lingkungan.

Harga Perizinan Untuk Izin Usaha Klinik dan Apotik

 

Izin Usaha Harga
klinik Rp.6.000.000,-
Apotik Rp.6.000.000,-

Itulah informasi seputar izin klinik atau izin apotik. Kini Anda telah mengetahui persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat izin klinik dan izin apotik.

Bila saat ini Anda sedang mempertimbangkan peluang untuk mendirikan usaha Apotik, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa perizinan usaha dari Gapura Office.

Gapura Office adalah salah satu jasa pembuatan CV dan virtual office terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru.

Mulai dari pembuatan PT dan CV murah, hingga pengurusan akta notaris dan surat-surat lainnya. Di Gapura Office, Anda bisa mendirikan klinik atau apotik dengan mudah, cepat, dan juga pastinya dengan harga yang terjangkau. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung menghubungi Kami, atau mengunjungi website official kami hanya di virtualofficeku.com

Share this post