Yang Berwenang Sebagai Penuntut Umum Dalam Pengadilan Militer?

7.Oditur Militer dan Oditur Militer Tinggi yang selanjutnya disebut Oditur adalah pejabat yang diberi wewenang untuk bertindak sebagai penuntut umum, sebagai pelaksana putusan atau penetapan Pengadilan dalam lingkungan peradilan militer atau Pengadilan dalam lingkungan peradilan umum dalam perkara pidana, dan sebagai

Apa yang dimaksud dengan pengadilan militer?

Pengadilan Militer di Indonesia merupakan salah satu macam-macam lembaga peradilan di Indonesia yang ada dilingkungan Peradilan Militer.

Apa itu Pengadilan Militer Pertempuran?

Dimana Pengadilan Militer Pertempuran merupakan suatu badan pelaksanaan contoh kekuasaan federatif kehakiman yang ada di lingkungan militer, yang mana memiliki tugas untuk memeriksa dan juga memutuskan pada tingkat pertama dan terakhir suatu perkara yang dilakukan oleh prajurit di suatu medan pertempuran.

Apa perbedaan tugas oditur militer dengan tugas Jaksa pada Pengadilan Umum?

Dengan diundangkannya Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer, maka tugas Oditur Militer pada dasarnya sama dengan tugas-tugas yang dilakukan oleh Jaksa pada Pengadilan Umum. Akan tetapi walaupun banyak persamaannya masih pula terdapat perbedaannya.

Siapakah yang berwenang melakukan penyidikan terhadap militer?

Pasal 1 angka 11 UU Peradilan Militer mengatur bahwa Penyidik Angkatan Bersenjata Republik Indonesia yang selanjutnya disebut penyidik adalah Atasan yang Berhak Menghukum, pejabat Polisi Militer tertentu, dan Oditur, yang diberi wewenang khusus oleh undang-undang untuk melakukan penyidikan.

Apa saja yang menjadi wewenang pengadilan militer?

Mengenai justisiabel Peradilan Militer berwenang mengadili perkara pidana yang dilakukan oleh Militer (prajurit TNI) berpangkat Kapten ke bawah yang melakukan tindak pidana (kejahatan) maupun pelanggaran masih berdinas aktif dan atau orang-orang yang tunduk pada kekuasaan Peradilan Militer berdasarkan Undang-Undang

Apa yang dimaksud dengan Oditur dalam peradilan di lingkungan peradilan militer?

Oditurat adalah badan pelaksana kekuasaan pemerintahah negara di bidang penuntutan dan penyidikan di lingkungan Angkatan Bersenjata berdasarkan pelimpahan dari Panglima dengan memperhatikan kepentingan penyelenggaraan pertahanan keamanan negara.

See also:  Pihak Yang Berperan Sebagai Penerima Pajak Dan Pemberi Subsidi Yaitu?

Apakah seorang anggota militer yang melakukan tindak pidana dapat diadili di peradilan umum?

Pasal 1 angka (13) UU TNI menyatakan bahwa prajurit adalah anggota TNI. Dengan demikian, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di atas, setiap anggota TNI yang sedang bertugas atau tidak, yang melakukan tindak pidana diadili di pengadilan dalam lingkungan peradilan militer.

Apa hubungan KUHP dan Kuhpm?

2. Bahwa hubungan antara KUHPM dengan KUHP, suatu hubungan yang tidak dapat terpisahkan karena KUHPM merupakan bagian dari KUHP ; KUHP berlaku bagi setiap orang dengan demikian bagi militer (TNI), berlaku KUHP, dan bagi Militer (TNI) yang melakukan tindak pidana deersi akan diperlakukan / diterapkan aturan khusus yakni

Bolehkah polisi memanggil TNI?

JAKARTA – Penegak hukum, baik itu Polri, Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ), dan lainnya, tidak bisa lagi sembarangan memanggil prajurit TNI untuk dimintai keterangan. Pemanggilan terhadap prajurit TNI terkait peristiwa hukum harus melalui komandan atau kepala satuan.

Apa yang kamu ketahui tentang peradilan militer itu dan apa wewenangnya?

Peradilan militer adalah lingkungan peradilan di bawah Mahkamah Agung yang melaksanakan kekuasaan kehakiman mengenai kejahatan-kejahatan yang berkaitan dengan tindak pidana yang dilakukan oleh militer. Peradilan Militer meliputi: Pengadilan Militer untuk tingkat Kapten ke bawah.

Peradilan militer mengadili apa saja?

Peradilan Militer mengadili perkara pidana atau disiplin tentara bagi anggota ABRI atau orang-orang lain yang diperlakukan sama dengan ABRI. Peradilan Tata Usaha Negara mengadili badan atau Pejabat Tata Usaha Negara.

Apa dasar hukum peradilan militer?

Berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara dan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1988 tentang Prajurit Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, pengadilan militer juga berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan sengketa tata usaha Angkatan Bersenjata.

See also:  Pt Enkorio Perusahaan Apa?

Apa yang dimaksud dengan Ankum?

Atasan yang Berhak Menghukum yang selanjutnya disebut Ankum adalah Atasan yang diberi wewenang menjatuhkan Hukuman Disiplin Militer kepada Bawahan yang berada di bawah wewenang komandonya.

Apa yang dimaksud penuntut Umum?

Penuntut umum adalah jaksa yang diberi wewenang oleh undang-undang ini untuk melakukan penuntutan dan melaksanakan penetapan hakim.

Apa yang dimaksud dengan oatmeal?

4. Oditurat Militer yang selanjutnya disebut Otmil adalah Badan yang melaksanakan kekuasaan pemerintahan negara di bidang penuntutan dan penyidikan perkara pidana di lingkungan TNI, yang terdakwanya prajurit TNI berpangkat Kapten ke bawah atau yang dipersamakan.

Apakah masyarakat sipil bisa diadili di peradilan militer?

Menurut Rudy Satriyo, orang sipil yang bersama dengan militer melakukan tindak pidana militer, adalah suatu hal yang tepat apabila diperiksa dan diadili Pengadilan Militer. Karena orang sipil tersebut telah melakukan atau terlibat dalam kasus tindak pidana militer.

Apa perbedaan peradilan militer dan peradilan umum?

peradilan umum : peradilan yang menyelesaikan masalah pedata maupun pidana. peradilan militer : peradilan yang menyelesaikan masalah pidana dan tata usaha yang dilakukan oleh pihak militer.

Mengapa seorang anggota polisi yang melakukan tindak pidana tidak lagi di dalam peradilan militer?

Tindak pidana yang dilakukan anggota Polri setelah 8 Januari 2002 sudah tidak diadili lagi oleh Peradilan Militer di seluruh Indonesia, karena Oditur Militer tidak menyerahkan atau melanjutkan perkara ke Pengadilan Militer, tetapi mengembalikan berkas perkara ke penyidik Polisi Militer untuk selanjutnya dikembalikan ke

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector