Perusahaan Yang Berbentuk Perseroan?

Accounting Media – Perusahaan Perseroan (Persero) merupakan perusahaan milik negara yang berbentuk perseroan terbatas, contohnya PT Pertamina, PT PLN, PT KAI, PT Telkom. Oleh karena persero adalah perserian terbatas, semua ketentuan mengenai perseroan terbatas sebagaimana yang diatur dalam KUHD diberlakukan persero.

Apa yang dimaksud dengan perusahaan perseroan?

Jika dilihat dari susunan katanya, perusahaan perseroan terdiri dari 2 kata yaitu perusahaan dan perseroan. Menurut Molengraff, perusahaan adalah perbuatan yang dilakukan secara terus menerus, untuk menghasilkan sesuatu dengan cara berniaga atau membuat perjanjian.

Siapa yang membuat perusahaan berbentuk perseroan terbatas?

Pada umumnya perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas didirikan oleh minimal dua orang atau lebih melalui suatu kesepakatan yang diketahui oleh notaris dan dibuatkan aktanya. Selanjutnya akta tersebut harus mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM agar perusahaan tersebut resmi menjadi sebuah Perseroan Terbatas (PT).

Apa itu usaha Perseroan?

Jenis usaha perseroan atau sering dikenal dengan nama usaha perseorangan. Badan usaha ini memang dikelola oleh negara dengan tujuan ingin mendapatkan keuntungan. Selain itu jenis badan usaha milik negara yang satu ini juga dapat melayani masyarakat.

Bagaimana persyaratan mendirikan perseroan terbatas?

Persyaratan untuk mendirikan Perseroan Terbatas cukup sulit. Kesimpulannya ciri pendirian PT bertujuan demi tercapainya keuntungan (profit oriented) yang memiliki 2 fungsi yaitu ekonomi dan fungsi komersial. Ciri lainnya adalah sumber modal PT berasal dari saham-saham dan obligasi dengan tidak menerima fasilitas dari negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector