Peristiwa Yang Menewaskan Korban Mahasiswa Arif Rahman Hakim?

Arif Rahman Hakim (24 Februari 1943 – 24 Februari 1966) adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang meninggal karena ditembak sewaktu berlangsungnya demonstrasi mahasiswa yang menuntut Tritura atas pemerintahan Orde Lama di bawah Presiden Soekarno pada tanggal 24 Februari 1966.

Siapa yang mendapat gelar Pahlawan Ampera?

Beberapa tokoh yang termasuk sebagai pahlawan Ampera di antaranya adalah Arif Rahman Hakim, tokoh dari organisasi Aksi Kesatuan Mahasiswa Indonesia (KAMI) dan Ikhwan Ridwan Rais, tokoh dari Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI).

Siapa nama mahasiswa UI yang meninggal akibat peristiwa 24 Februari 1966?

Lebih lanjut, pada 24 Februari 1966, unjuk rasa dilakukan di depan Istana Negara. Disini pula peluru tentara menyalak ke tubuh Arif Rahman Hakim yang membuatnya jatuh dan tewas. Arif Rahman Hakim dianggap sebagai martir dengan jaket kuning atau almamater UI-nya yang bersimbah darah.

Apa yang dimaksud dengan pahlawan Ampera?

Pahlawan Ampera adalah gelar yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia terdapat setiap korban perjuangan menegakkan dan melaksanakan amanat penderitaan rakyat (AMPERA), dan dalam melanjutkan pelaksanaan revolusi 1945 untuk tercapainya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Siapakah nama pahlawan amanat penderitaan rakyat?

Setiap kali ada yang bertanya siapa pahlawan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat), ingatan kita selalu tertuju pada satu nama: Arif Rahman Hakim. Mahasiswa tingkat empat Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini gugur terkena tembakan peluru (yang diduga) dari Pasukan Tjakrabirawa pada 24 Februari 1966.

Apa kepanjangan dari kata Ampera?

Dari alasan tersebut nama jembatan kemudian disamakan dengan slogan bangsa Indonesia pada tahun 1960 yaitu Amanat Penderitaan Rakyat atau disingkat Ampera.

Sebutkan siapa saja pahlawan revolusi itu?

Nama Pahlawan Revolusi

  1. Jenderal Ahmad Yani.
  2. 2. Letnan Jenderal TNI Anumerta R. Suprapto.
  3. 3. Letjen S.Parman.
  4. 4. Letjen M.T. Haryono.
  5. Mayor Jenderal D. I.
  6. 6. Mayor Jenderal TNI Anumerta Sutoyo Siswomiharjo.
  7. 7. Kapten (Anumerta) Pierre Tendean.
  8. 7 Pahlawan Revolusi.
See also:  Data Pribadi Yang Harus Ada Di Cv?

Siapa saja nama pahlawan nasional?

14 Pahlawan Nasional Indonesia

  1. Cut Nyak Dien. Cut Nyak Dien merupakan pahlawan yang lahir di Aceh Besar tahun 1848.
  2. 2. Tuanku Imam Bonjol.
  3. 3. Jenderal Soedirman.
  4. Pangeran Diponegoro.
  5. Sultan Hasanuddin.
  6. 6. Ki Hadjar Dewantara.
  7. 7. Kapitan Pattimura.
  8. 8. Raden Ajeng Kartini.

Kapan Tritura dibentuk?

Oleh karenanya, pada tanggal 12 Januari 1966, KAMI dan KAPPI memelopori kesatuan aksi yang tergabung dalam Front Pancasila mendatangi DPR-GR menuntut Tritura. Isi Tritura adalah: Pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya. Perombakan kabinet Dwikora.

Siapa pahlawan Arif Rahman Hakim?

TRIBUNNEWSWIKI.COM- Arif Rahman Hakim adalah aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) yang wafat saat memperjuangkan Tritura. Ia lahir 24 Februari 1943 dan meninggal pada Februari 1966.

Kenapa harus pemuda pelajar dan mahasiswa yang melakukan aksi Tritura?

Peringatan ini bermula dari tragedi berdarah Gerakan 30 September 1965 yang mengakibatkan adanya aksi yang diprakarsai oleh Gerakan Mahasiswa yaitu aksi tritura dengan dalih bahwa pemerintahan Orde Lama yang lambat dan tidak tegas terhadap PKI (Partai Komunis Indonesia) yang dianggap sebagai biang kerusuhan pada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector