Apa Tanggung Jawab Pelaku Pengusaha Terhadap Konsumen?

Tanggung Jawab Pelaku Usaha. By Nur Fatin. Tanggung Jawab Pelaku Usaha Adalah Sebagai Berikut: Pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, dan/atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang dan/atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan.
Tanggung jawab pelaku usaha terhadap kerugian konsumen adalah dengan memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, dan atau kerugian konsumen akibat mengonsumsi barang dan atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan.

Apa tanggung jawab pelaku usaha dalam pemberian kompensasi gaji?

Juga dengan tanggung jawab pemberian kompensasi gaji yang sesuai dengan prestasi kinerja masing-masing tiap karyawan. Bagi karyawan yang telah menunjukkan kontribusinya dan berprestasi maka tanggung jawab pelaku usaha juga untuk memberikan reward berupa bonus hingga promosi.

Bagaimana jika konsumen menuntut pelaku usaha?

Dikaitkan dengan antara pelaku usaha konsumen, maka jika konsumen akan menuntut pelaku usaha, maka ia harus membuktikan pelaku usaha. Ini bukan persoalan yang mudah bagi konsumen, tidak terlalu mudah untuk membuktikan kesalahan pelaku usaha. Banyak kendala itu baik berkaitan dengan masalah teknologi maupun ekonomi.

Apa tanggung jawab pelaku usaha dalam beriklan?

Dalam beriklan tersebut maka pelaku usaha juga memperhatikan etika dan memiliki tanggung jawab agar menyampaikan informasi produk yang sebenarnya dan sejelas-jelasnya, dan tidak membuat janji-janji tentang manfaat suatu produk yang sama sekali tidak dapat untuk dipenuhi dan ditepati.

4 Jelaskan apa bentuk tanggung jawab pelaku usaha dalam UU Perlindungan Konsumen?

Memperhatikan substansi Pasal 19 ayat (1) Undang-Undang Perlindungan Konsumen, bahwa tanggung jawab pelaku usaha meliputi : 1. Tanggung jawab ganti kerugian atas kerusakan. 2. Tanggung jawab ganti kerugian atas pencemaran. 3. Tanggung jawab ganti kerugian atas kerugian konsumen.

See also:  Pt Oase Teknologi Asia Bidang Apa?

Bagaimana tanggung jawab pelaku usaha dalam memberikan ganti rugi atas kerusakan barang terhadap konsumen?

2. Tanggung jawab pelaku usaha memberikan ganti rugi atas kerusakan barang yang merugikan konsumen dapat berupa pengembalian uang atau penggantian barang yang sejenis atau setara nilainya, atau perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Siapa yang bertanggung jawab dalam kasus makanan kadaluarsa kaitkan dengan hukum perlindungan konsumen?

Pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi kepada para konsumen akibat beredarnya makanan dan minuman yang kadaluwarsa hal ini sesuai dengan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen pasal 7 tentang kewajiban pelaku usaha, dalam pasal ini disebutkan, bahwa pelaku usaha berkewajiban.

Apa itu tanggung jawab kontraktual?

Pertanggungjawaban kontraktual (contractual liability) adalah tanggung- jawab perdata atas dasar perjanjian/kontrak dari pelaku usaha (baik barang maupun jasa), atas kerugian yang dialami konsumen akibat mengkonsumsi barang yang dihasilkannya atau memanfaatkan jasa yang diberikannya.

Apa saja tanggung jawab konsumen?

Tanggung jawab terhadap pelanggan pada umum nya terbagi atas dua kategori, yaitu menyediakan produk-produk berkualitas dan menetapkan harga- harga secara adil. Pembeli memiliki hak atas produk yang aman dan mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang jelas dalam hal pembelian.

Apa tanggung jawab konsumen?

Konsumen memiliki tanggung jawab untuk menggalang solidaritas sesama konsumen, untuk mengembangkan kekuatan demi memperjuangkan dan melindungi kepentingan konsumen lainnya.

Apakah pemberian ganti rugi oleh pelaku usaha dapat menghapuskan tuntutan pidana?

(4) Pemberian ganti rugi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) tidak menghapuskan kemungkinan adanya tuntutan pidana berdasarkan pembuktian lebih lanjut mengenai adanya unsur kesalahan.

See also:  Dalam Permainan Sepak Bola Nama Hakim Yang Mengatur Pertandingan Adalah?

Bagaimana cara penyelesaian sengketa konsumen?

Penyelesaian sengketa konsumen oleh BPSK diselesaikan melalui cara konsiliasi atau mediasi atau arbitrase, yang dilakukan atas dasar pilihan dan persetujuan para pihak yang bersangkutan, dan bukan merupakan proses penyelesaian sengketa secara berjenjang (Pasal 4 UUPK).

Bagaimana mekanisme penyelesaian sengketa dalam Undang Undang perlindungan konsumen?

Menurut ketentuan Pasal 45 UU Perlindungan Konsumen, penyelesaian sengketa konsumen dapat ditempuh melalui pengadilan atau di luar pengadilan berdasarkan pilihan sukarela pihak yang bersengketa.

Siapa yang bertanggung jawab atas makanan kadaluarsa?

Setiap pelaku usaha yang mengedarkan produk makanan yang sudah kadaluwarsa wajib bertanggung jawab secara mutlak atas kerugian yang ditimbulkannya karena hal tersebut merupakan suatu perbuatan yang melanggar hukum dan kepentingan umum.

Apa yang dimaksud dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional?

Badan Perlindungan Konsumen Nasional yang selanjutnya disebut BPKN adalah badan yang dibentuk untuk membantu upaya pengembangan perlindungan konsumen.

Hak hak apa saja yang seharusnya diperoleh peserta didik berdasarkan UUPK?

​ – Brainly.co.id.

Hak Peserta Didik

  • Mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang seagama.
  • Mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai bakat, minat, dan kemampuannya.
  • Mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya.
  • Siapa yang bertanggung jawab terhadap suatu produk?

    Tanggungjawab produsen (product liability) adalah suatu tanggungjawab secara hukum dan orang atau badan yang menghasilkan suatu produk (producer, manufacture) atau dari orang atau badan yang bergerak dalam suatu proses untuk menghasilkan suatu produk (processor.

    Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab produk?

    Product Liability adalah tanggung jawab secara hukum dari orang atau badan hukum yang menghasilkan suatu produk. Product liability menganut prinsip strict liability. Hal ini menjamin kepastian hukum bagi konsumen dalam hal ganti kerugian akibat cacat produk.

    See also:  Pt Surya Madina Bersama Perusahaan Apa?

    5 Apakah produk cacat produksi merupakan tanggung jawab dari pelaku usaha?

    Hal ini berdasar dalam Pasal 61 ayat 2 Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan. Dari keterangan di atas menjelaskan bahwa pelaku usaha harus bertanggung jawab manakala ditemukan barang kemasan yang cacat/rusak.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector