Kapan Uu Ppn Berlaku Efektif?

Pemerintah menetapkan tarif PPN menjadi 11 persen, naik dari sebelumnya 10 persen. Sejumlah perusahaan sudah menyatakan akan melakukan penyesuaian harga atau perhitungan PPN saat aturan baru itu efektif berlaku per 1 April 2022.

Kapan PPN mulai berlaku?

Ketiga hal tersebut akan mulai berlaku pada 1 April 2022. ‘Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 mulai berlaku pada tanggal 1 April 2022,’ bunyi beleid tersebut, dikutip Kamis (4/11/2021). Baca Juga: Masih Bingung Soal PPS?

Kapan berlakunya Undang-Undang HPP?

Undang-undang ini akan berlaku pada tahun pajak 2022. Mengutip dari situs resmi DJP, undang-undang ini turut mengatur asas dan tujuan. UU HPP diselenggarakan berdasarkan asas keadilan, kesederhanaan, efisiensi, kepastian hukum, kemanfaatan, dan kepentingan nasional.

Kapan UU No 7 tahun 2021 berlaku?

Lalu, Presiden Joko Widodo resmi mengundangkan Rancangan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan ini menjadi UU Nomor 7 Tahun 2021 pada tanggal 29 Oktober 2021. Undang-undang ini akan berlaku pada tahun pajak 2022.

Berapa kali perubahan undang-undang yang mengatur tentang PPN dan PPnBM di Indonesia?

Undang-Undang yang mengatur tentang PPN dan PPnBM tersebut akhirnya disahkan pada 1 April 1985. Sejak Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1983 ditetapkan, hingga saat ini sudah ada tiga kali perubahan UU PPN di Indonesia. Nah, berikut ini perubahan UU PPN kedua dan ketiga di Indonesia.

Kapan PPN 11% mulai berlaku?

Penyesuaian tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 11 persen berlaku mulai 1 April 2022. Sejumlah barang dan jasa tertentu tetap diberikan fasilitas bebas PPN.

UU PPN mulai berlaku kapan?

“Berdasarkan amanat UU, tarif PPN 11% akan berlaku mulai 1 April 2022,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Neilmaldrin Noor dalam pesan singkat yang diterima Kontan.co.id, Kamis (10/3).

See also:  Man Mendapat Gelar Al Hakim Yang Artinya?

PPN 12 kapan berlaku?

Aturan ini disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada 29 Oktober 2021. Pada BAB IV Pasal 7, disebutkan tarif PPN sebesar 11% mulai berlaku April 2022; dan sebesar 12% yang mulai berlaku paling lambat 1 Januari 2025.

Kapan kenaikan PPN 2022?

Tarif PPN resmi naik dari 10 persen menjadi 11 persen mulai hari ini yaitu 1 April 2022. Kenaikan ini merupakan amanat pasal 7 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Apa saja yang dikenakan PPN 11%?

Daftar Barang dan Jasa yang Kena PPN 11 Persen, Dicatat Ya!

  1. Aset Kripto. Pengenaan pajak PPN dan PPh atas transaksi perdagangan aset kripto tertuang dalam PMK Nomor 68 Tahun 2022.
  2. 2. Layanan Fintech.
  3. 3. Beli Mobil Bekas.
  4. Penyaluran LPG Nonsubsidi.
  5. Akomodasi Perjalanan Keagamaan.
  6. 6. Tarif Paket Internet.
  7. 7. Layanan Perbankan.

PPN 11 persen apa saja?

Barang dan Jasa Bebas PPN 11 Persen

  • Barang kebutuhan pokok berupa beras, gabah, jagung, sagu, kedelai, garam, daging, telur, susu, buah-buahan, sayur-sayuran, dan gula konsumsi.
  • Jasa kesehatan, jasa pendidikan, jasa sosial, jasa asuransi, jasa keuangan, jasa angkutan umum, dan jasa tenaga kerja.
  • Berapa kali perubahan UU KUP?

    Perubahan regulasi perpajakan harus dimulai dari pengaturan hak dan kewajiban Pemerintah dan Wajib Pajak yang diatur dalam UU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP) yang dalam perkembangannya telah mengalami 4 (empat) kali perubahan, terakhir dengan UU No. 16 Tahun 2009.

    Tarif PPh 21 terbaru berlaku kapan?

    Aturan PPh 21 terbaru ini akan berlaku mulai tahun pajak 2022. Berdasarkan dari tabel di atas, terdapat dua perubahan ketentuan. Pertama, tarif PPh 21 UU HPP menjadi 5 lapisan, yang sebelumnya (UU PPh) yaitu 4 lapisan.

    See also:  Luqman Mendapat Gelar Al Hakim Yang Berarti?

    Mengapa pemerintah mengeluarkan UU HPP?

    UU HPP dibentuk dengan tujuan diantaranya meningkatkan pertumbuhan perekonomian yang berkelanjutan dan mendukung percepatan pemulihan perekonomian, mewujudkan sistem perpajakan yang lebih berkeadilan dan berkepastian hukum serta meningkatkan kepatuhan sukarela Wajib Pajak.

    Berapa PPN 2021?

    Sebelumnya, tarif umum PPN adalah 10%. Melalui Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan ( UU HPP ), pemerintah menaikkan tarif PPN secara bertahap, yakni 11% mulai April tahun ini dan 12% pada beberapa tahun berikutnya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Adblock
    detector