Hakim Yang Maha Adil Adalah?

Al Hakim artinya Allah adalah Yang Maha Adil dan Bijaksana. Dia memiliki kemampuan untuk menentukan yang benar dari yang salah dan bebas dari kesalahan dan kesalahpahaman. Semua karya di alam dan di kehidupan ini sangat akurat dan sempurna dan diciptakan oleh Allah.

Apa yang dimaksud dengan hakim?

Muhammad Ali dalam Hakim dalam Perspektif Hadis menjelaskan, hakim yang berasal dari bahasa Arab dengan bentuk jamak hukkam memiliki makna mencegah. Dengan demikian, kata hakim mengandung makna menghalangi terjadinya kesulitan, penganiayaan, mudarat, kezaliman, dan perbuatan jahat lainnya.

Mengapa hakim Mahkamah Agung lebih ketat daripada hakim biasa?

Karena fungsi yudisial, pengadilan secara alami memiliki otoritas atau hukum tertinggi, sehingga fungsi yudisial hakim Mahkamah Agung umumnya lebih ketat daripada hakim biasa.

Apa itu Kepala Hakim Mahkamah Agung?

Fungsi pertama hakim yang merupakan kepala hakim Mahkamah Agung, adalah fungsi pengadilan. Fungsi ini terkait dengan tugas utama para hakim Mahkamah Agung dan hakim biasa dalam kasus-kasus. Apa yang membedakan fungsi peradilan hakim Mahkamah Agung dari hakim biasa adalah kewenangan mereka.

Apa itu Al-Hakam dan Al-Hakim?

Prof Quraish Shihab menjelaskan, al-hakam dan al-hakim merupakan nama sekaligus sifat Tuhan Yang Maha Suci. Salah satu cabang dari sifat ini adalah qadha, yakni ketetapan yang bersifat menyeluruh bagi sebab yang pasti. Yang meneladani sifat ini hendaknya memperdalam pengetahuannya tentang Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector