Mengapa Penemuan Hukum Penting Dilakukan Oleh Hakim?

Penemuan hukum merupakan kegiatan utama dari Hakim dalam melaksanakan Undang-undang apabila terjadi peristiwa konkrit. Undang-undang sebagai kaedah umumnya adalah untuk melindungi kepentingan manusia. Oleh sebab itu harus dilaksanakan/ditegakkan.
Sudikno juga menjelaskan latar belakang perlunya seorang hakim melakukan penemuan hukum adalah karena hakim tidak boleh menangguhkan atau menolak menjatuhkan putusan dengan alasan karena hukumannya tidak lengkap atau tidak jelas.

Mengapa hasil penemuan hukum oleh hakim itu merupakan hukum?

Dan hasil penemuan hukum oleh hakim itu merupakan hukum karena mempunyai kekuatan mengikat sebagai hukum serta dituangkan dalam bentuk putusan. Di samping itu pula hasil penemuan hukum oleh hakim itu merupakan sumber hukum. 8

Apakah penemuan hukum diperkenankan oleh hakim?

Kelemahan-kelemahan dari peraturan perundang-undangan inilah yang kemudian menimbulkan konsep penemuan hukum oleh hakim. Namun demikian, terdapat beberapa pandangan yang menyatakan bahwa penemuan hukum tidak diperkenankan hakim melakukan penemuan hukum.

Apa saja metode yang dapat digunakan oleh hakim dalam menemukan hukum?

Dalam praktek peradilan, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan oleh hakim dalam menemukan hukum, yang pada garis besarnya dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu : 1. Penafsiran (Interpretasi).

Apa yang dimaksud dengan penemuan hukum?

Pengertian Penemuan Hukum (Rechtvinding). Penemuan hukum merupakan proses pembentukan hukum oleh hakim atau aparat penegak hukum lainnya dalam penerapan peraturan umum terhadap peristiwa hukum yang konkrit, yang hasilnya digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Prof.

Mengapa penemuan hukum sangat penting?

Kegunaan dari penemuan hukum adalah mencari dan menemukan kaidah hukum yang dapat digunakan untuk memberikan keputusan yang tepat atau benar, dan secara tidak langsung memberikan kepastian hukum juga didalam masyarakat.

Apa yang dimaksud penemuan hukum oleh hakim?

Penemuan hukum merupakan kegiatan utama dari Hakim dalam melaksanakan Undang-undang apabila terjadi peristiwa konkrit. Undang-undang sebagai kaedah umumnya adalah untuk melindungi kepentingan manusia. Oleh sebab itu harus dilaksanakan/ditegakkan.

See also:  Hukum Adalah Apa Yang Diputuskan Oleh Hakim?

Apa yang menjadi sumber penemuan hukum?

Dalam penemuan hukum ini sumber-sumber penemuan hukum yang dapat digunakan sesuai dengan hierarki/tingkatannya menurut Sudikno Mertokusumo20 antara lain adalah: 1) Undang- undang; 2)Hukum kebiasaan; 3)Yurisprudensi; 4)Perjanjian internasional (tractaatltreaty); 5)Doktrin; 6) Perilaku; 7) Kepentingan manusia.

Mengapa metode fiksi hukum sangat dibutuhkan oleh hakim dalam praktik peradilan?

Jadi dalam fiksi hukum setiap orang mengetahui semua ketentuan-hukum yang berlaku dan hal ini sangat diperlukan oleh hakim dalam praktik hukum. Fiksi hukum sangat bermanfaat untuk mengajukan hukum, yaitu untuk mengatasi benturan antara tuntutan-tuntutan baru dan sistem yang ada.

Mengapa hukum harus mempunyai kepastian?

Hukum bertugas menciptakan kepastian hukum karena bertujuan untuk menciptakan ketertiban dalam masyarakat. Kepastian hukum merupakan ciri yang tidak dapat dipisahkan dari hukum terutama untuk noma hukum tertulis.

Apa itu Rechtsvorming?

Rechtsvorming (pembentukan hukum), yaitu merumuskan peraturan-peraturan yang berlaku secara umum bagi setiap orang. Lazimnya dilakukan oleh pembentuk undang-undang.

Jelaskan apa itu penemuan hukum dan dasar hukum dari penemuan hukum di Indonesia?

Kenalan dengan “Penemuan Hukum”

Penemuan Hukum (Rechtsvinding) adalah proses pembentukan hukum oleh hakim/aparat penegak hukum lainnya, dalam penerapan peraturan umum terhadap peristiwa hukum yang konkrit. Hasil penemuan hukum ini yang dijadikan dasar dalam mengambil suatu keputusan.

Apa saja metode penemuan hukum?

Metode Penemuan Hukum – Sumber untuk menemukan hukum bagi hakim ialah : perundang-undangan, hukum yang tidak tertulis, putusan desa, yurisprudensi, dan ilmu pengetahuan.

Dimana sumber untuk menemukan hukum?

Yang diakui umum sebagai sumber hukum formal ialah UU, perjanjian antar Negara, yurisprudensi dan kebiasaan.

5 sebutkan apa saja sumber hukum dalam arti formal?

Sumber Hukum Formal

  1. 1. Undang-undang. Undang-undang/Perundang-undangan adalah Peraturan Perundang-undangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan persetujuan Presiden.
  2. Kebiasaan.
  3. 3. Traktat.
  4. 4. Yurisprudensi.
  5. Doktrin.
  6. 5 UU yang Ditolak PKS: Dari IKN hingga TPKS.
See also:  Surat Yang Digunakan Untuk Melaporkan Perhitungan Dan Pembayaran Pajak Adalah?

Apa yang dimaksud dengan Rechtsvinding?

Yang dimaksud dengan Recht vinding adalah proses pembentukan hukum oleh hakim/aparat penegak hukum lainnya dalam penerapan peraturan umum terhadap peristiwa hukum yang konkrit dan hasil penemuan hukum menjadi dasar untuk mengambil keputusan.

Mengapa hakim tidak boleh menolak perkara yang masuk ke pengadilan?

‘Hakim tidak boleh menolak perkara dengan alasan hukumnya tidak ada atau tidak jelas,’ ujarnya di Jakarta, Selasa (4/6/2019). ‘Hakim harus memutus perkara yang dilajukan kepadanya. Siapapun tidak boleh mempengaruhi atau intervensi hakim dalam mengadili perkara.

Kapan seorang hakim dapat melakukan penafsiran hukum?

Dalam memeriksa, mengadili dan memutus suatu perkara, seorang Hakim haruslah menggunakan hukum tertulis sebagai dasar putusannya. Akan tetapi apabila dalam hukum tertulis tidak ditemukan atau dirasa tidak cukup, maka Hakim dapat melakukan penafsiran hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector