Lembaga Negara Yang Berwenang Menjaga Dan Menegakkan Kehormatan Hakim Adalah?

DPR yang diwakili oleh Sarifuddin Suding menyampaikan bahwa KY merupakan lembaga negara yang bersifat mandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga, menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Siapa yang bertugas menjaga kehormatan dan perilaku hakim?

Dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim, Komisi Yudisial mempunyai tugas: a. Melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap perilaku hakim; b.

Apa Komisi Yudisial?

Pasal 24B ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945: Komisi Yudisial bersifat mandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Apa Tugas Komisi Yudisial?

Berdasarkan pasal 13 UU Nomor 18 Tahun 2011, wewenang komisi yudisial adalah: Mengusulkan pengangkatan hakim agung dan hakim ad hoc di mahkamah agung kepada Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR untuk mendapatkan persetujuan. Menjaga dan menegakkan kehormatan, kelurahan martabat, serta perilaku hakim.

Apa saja yang termasuk ke dalam lembaga yudikatif?

Lembaga yudikatif di Indonesia adalah Mahkamah Konstitusi atau MK, Mahkamah Agung atau MA, dan Komisi Yudisial atau KY.

Siapa yang mengusulkan pengangkatan hakim agung?

Kewenangan ini salah satunya diturunkan dalam Pasal 13 huruf a UU Komisi Yudisial (UU No. 18 Tahun 2011) yang berbunyi: “Komisi Yudisial mempunyai wewenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan hakim ad hoc di Mahkamah Agung kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan”.

Siapa yang bertugas untuk mengusulkan pengangkatan hakim agung?

Dikutip dari laman komisiyudisial.go.id, tugas Komisi Yudisial berkaitan dengan wewenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan hakim ad hoc di Mahkamah Agung (MA) kepada DPR guna mendapat persetujuan. Selain itu Komisi Yudisial juga berwenang menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, dan perilaku hakim.

See also:  Bagaimana Cara Bayar Pajak Motor Online?

Apa saja tugas Komisi Yudisial brainly?

Menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim. Menetapkan Kode Etik dan atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) bersama-sama dengan Mahkamah Agung. Menjaga dan menegakkan pelaksanaan KEPPH.

Apa tugas dan wewenang hakim?

Tugas utama Hakim adalah menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan semua perkara yang diajukan kepadanya. Dalam perkara perdata, Hakim harus membantu para pencari keadilan dan berusaha keras untuk mengatasi hambatan-hambatan dan rintangan agar terciptanya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Apa saja yang menjadi lembaga lembaga yudikatif minimal 6?

Lembaga Yudikatif dan Tugasnya

  1. Mahkamah Agung. Sesuai pasal 24A UUD 1945, Mahkamah Agung memiliki kewenangan mengadili kasus hukum tingkat kasasi.
  2. Mahkamah Konstitusi. Mahkamah Konstitusi atau MK memiliki wewenang untuk mengadili [ada tingkat pertama dan terakhir (sifatnya final).
  3. Komisi Yudisial.

Apakah BPK termasuk ke dalam lembaga yudikatif?

Jawabannya tidak termasuk kedalam semuanya. Karena BPK termasuk kedalam Lembaga eksaminatif.

Apa yang dimaksud dengan lembaga yudikatif dan berikan contohnya?

Kemudian yang terakhir adalah pengertian dari yudikatif adalah lembaga negara yang bertugas melakukan pengawasan, pengawalan, dan memantau proses pelaksanaan UUD, dan pengawasan pelaksaaan hukum di suatu negara. Adapun contoh lembaga yudikatif yakni: MK, MA, dan KY.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adblock
detector